Please dial 0813 9891 2341 to start your marketing campaign.
Winner Never Quit and Quitters Never Win

Apa Itu Digital Marketing dan Tujuannya?

Social Media Marketing

Apa Itu Digital Marketing dan Tujuannya?, Secara umum digital marketing memiliki arti memasarkan produk atau memasarkan apapun secara digital. Yang saya maksud dengan apapun disini adalah bisa berbentuk brand, penawaran jasa, profile dan lain sebagainya. Dan yang dimaksud dengan digital disini adalah area yang termasuk kedalam media yang hanya dapat di akses menggunakan peralatan digital seperti komputer, smartphone dan media-media lainnya lagi.

Digital Marketing Secara Metoda

 

Pada tingkat tinggi, pemasaran digital mengacu pada iklan yang disampaikan melalui saluran digital seperti mesin pencari, situs web, media sosial, email, dan aplikasi seluler. Meskipun istilah ini mencakup berbagai kegiatan pemasaran, yang semuanya tidak disetujui secara universal, saya akan fokus pada jenis paling umum di bawah ini.

Apa Itu Digital Marketing yang paling cocok untuk mempromosikan bisnis anda? untuk menjalankan kampanye peningkatan jumlah konversi dan sales? dibawah ini walau tidak terbatas pada yang saya tuliskan masih ada lagi berbagai macam cara yang bisa anda tempuh dalam pemasaran digital.

Paid Search (Iklan Pencarian Berbayar)

Disebut dengan isitlah PPC atau Iklan pencarian berbayar atauĀ Pay-Per-Click. Metoda jenis pemasaran ini dijalankan didalam program per-iklanan yang utamanya ditawarkan oleh mesin pencarian (search engine) contoh terumum adalah Google Ads. Iklan akan di pasarkan didalam halaman hasil pencarian merujuk pada “hasil disponsori” di bagian atas atau samping halaman hasil mesin pencari (SERP) atau iklan di tampilkan didalam situs atau media lain yang bekerjasama dengan penyedia program periklanan ini.

PPC-Digital-Marketing

Anda hanya membayar ketika iklan Anda diklik. Anda dapat menyesuaikan iklan PPC Anda agar muncul ketika istilah pencarian tertentu dimasukkan, membuat iklan yang ditargetkan untuk audiens tertentu.

 

Iklan PPC sangat fleksibel untuk dikondisikan sesuai dengan target pemasaran, paling mudah terlihat, dan yang paling penting, efektif untuk memasarkan berbagai jenis produk atau apapun. Selain memiliki konsep kontekstual, iklan PPC pun memilki pilihan variasi lain seperti Shopping Ads, Video Ads dst. Iklan akan muncul ketika seseorang mencari kata kunci atau istilah tertentu yang sesuai dengan kriteria yang telah kita kondisikan.

Tujuan dari PPC Ads ini adalah mendapatkan jumlah traffic atau jumlah pengunjung potensial “berbayar” dalam jumlah yang sebanyak-banyaknya sehingga bisa membuka peluang konversi atau sales yang banyak pula.

Search Engine Optimization

Mudahnya, Search Engine Optimization itu adalah mengkondisikan halaman web atau konten agar sesuai dengan kriteria yang sudah ditetapkan oleh search engine atau sesuai dengan “search engine algorithm requirement“. Mengkondisikan yang diperluas mulai dari perangkat web server, script atau “aplikasi” yang digunakan untuk membuat konten, domain authority, kualitas konten, struktur data pada konten, metadata konten dan konten itu sendiri. Dan yang tersebut itu adalah yang dinamakan dengan istilah “on page optimization atau on site optimization” Yaitu mengoptimasikan web melalui dalam website itu sendiri secara keseluruhan atau pada bagian-bagian tertentu.

Search Engine Optimization

 

Kemudian yang berikutnya adalah berusaha membuat atau berusaha mendapatkan inbound link dari situs-situs berkualitas yang memiliki nilai yang tinggi. Dalam dunia search engine optimization disebut dengan High Authority Domain. Dan inilah yang disebut denganĀ “off page optimization atau off site optimization”. Yaitu mengoptimasikan web melalui luar website baik secara keseluruhan atau pada bagian-bagian tertentu saja.

Tujuan dari search engine optimization ini adalah mendapatkan jumlah traffic atau jumlah pengunjung potensial “secara gratis” dalam jumlah yang sebanyak-banyaknya sehingga bisa membuka peluang konversi atau sales yang banyak pula.

Content Marketing

Mudahnya, Content Marketing adalah salah satu metoda digital marketing untuk mempromosikan, mengenalkan, mengingatkan, meningkatkan, memasarkan, menawarkan apapun melalui media konten. Konten bisa berupa berbagai macam seperti teks, images dan video.

Content Marketing

 

Content marketing berkaitan erat dengan search engine optimization. Keberhasilan menjalankan content marketing tergantung pada kemahiran kita menjalankan search engine optimization. Di era algorithm search engine sekarang ini, menjalankan content marketing merupakan sebuah hal yang wajib.

Tujuan dari menjalankan content marketing adalah sama seperti tujuan menjalankan metoda pemasaran digital melalui cara search engine optimization yang telah saya uraikan diatas.

Social Media Marketing

Orang tidak hanya menggunakan search engine tetapi juga menggunakan situs media sosial. Facebook, Instagram, Twitter termasuk kedalam situs dengan platform media sosial. Jutaan orang berselancar didalam situs-situs media sosial tersebut setiap harinya dan sudah menjadi kepastian jika terdapat ratusan atau ribuan potensial user terhadap produk anda didalamnya.

Media sosial selain bisa kita jadikan sebagai sarana untuk berbagi informasi, hobby, minat tetapi juga bisa menjadi pasar yang sangat besar karena berisi jutaan pengguna yang berasal dari seluruh dunia.

Social Media Marketing

 

Orang-orang tidak hanya menonton video atau hanya memposting foto selfie di media sosial. Tidak sedikit orang yang mengandalkan jejaring sosial untuk menemukan, meneliti, dan membeli. Untuk marketing, tidak cukup hanya memposting di akun Facebook dan Twitter Anda. Anda juga harus menenun elemen sosial ke dalam setiap aspek pemasaran Anda dan menciptakan lebih banyak peluang berbagi peer-to-peer. Semakin banyak audiens terlibat dengan konten, semakin besar peluang mendapatkan konversi.

Konversi didalam pemasaran media sosial bukan hanya berupa mendapatkan angka penjualan tetapi juga efek viral yang tersebar. Untuk menjalankan pemasaran digital melalui situs platform media sosial tentu anda harus memiliki tim yang memiliki kreativitas yang sinkron antara user behavior dan produk yang anda pasarkan di media sosial.

Tujuan pemasaran di dalam media sosial adalah lebih mirip dengan pemasaran melalui search engine walau dengan target yang didapat bisa berbeda. Social media bisa menjadi “brand awareness booster” melalui efek viral yang ada disana.

Jika anda belum juga mendapatkan ide tentang Apa Itu Digital Marketing yang cocok untuk bisnis anda silahkan hubungi saya untuk segera bekerjasama dalam rangka meningkatkan visibilitas media promosi anda.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp