Please dial 0813 9891 2341 to start your marketing campaign.
Winner Never Quit and Quitters Never Win

5 Cara Melihat Indikator dan Mengukur Keberhasilan Sosial Media Marketing

Cara Melihat Indikator dan Mengukur Keberhasilan Sosial Media Marketing

Tidak sedikit perusahaan yang telah menggunakan jasa digital marketing belum tahu bagaimana cara melihat indikator dan mengukur keberhasilan sosial media marketing. Celah inilah yang bisa menjadi point para digital marketer “nakal” untuk melakukan manipulasi data.

Dari sekian banyak perusahaan yang berinteraksi dengan saya dan yang pernah menggunakan jasa pemasaran digital dengan agency yang ada. Umumnya mereka hanya fokus pada data yang di suguhkan oleh pihak agency dan fokus pada lead conversion saja. Mereka tidak tahu bagaimana cara mengukur keberhasilan social media campaign menggunakan data.

Cara Melihat Indikator dan Mengukur Keberhasilan Sosial Media Marketing

Padahal dengan mengetahui bagaimana cara mengukur efektivitas pemasaran di sosial media itu sangat penting untuk optimasi anggaran. Bisa jadi pihak agency menggunakan cara lain yang tidak semestinya atau yang tidak termasuk kedalam kontrak kerjasama. Atas dasar itu saya ingin mencoba untuk memberikan sedikit pengetahuan untuk anda.

Cara Mengukur Keberhasilan Pemasaran di Media Sosial

Tidak perduli apa yang anda pasarkan di media sosial, brand awareness atau produk. Intinya adalah pada jumlah engagement dan data interaksi.

Ukur Like dan Share

Metrik yang paling sederhana yang perlu Anda lacak adalah jumlah like dan jumlah share diterima oleh postingan Anda. Selain Facebook dan Instagram, kini sebagian besar platform media sosial seperti Twitter dan YouTube telah menyalin fitur “LIKE”. Selain memberi opsi untuk berbagi konten yang mereka sukai atau menemukan yang relevan dengan teman atau penggemar mereka sendiri.

Kedua opsi ini memberi Anda peluang untuk segera memahami bagaimana kinerja postingan Anda dan memperluas jangkauan Anda secara eksponensial ketika orang-orang membagikan posting Anda pada lingkaran pengikut mereka.

Ukur Jumlah Follower (Pengikut)

Cara mengukur keberhasilan promosi di medsos berikutnya adalah mengukur jumlah follower secara berkala.

Metrik lain yang jelas untuk diperhatikan adalah jumlah pengikut yang Anda peroleh selama sebulan, seminggu, atau bahkan harian.

Jika Anda melihat pertambahannya lambat dan tidak dapat diandalkan, Anda harus melakukan review ulang kualitas konten-konten yang akan dibuat selanjutnya.

Jika Anda kehilangan followers, Anda harus memeriksa apa yang telah dibagikan atau diposting baru-baru ini ada yang tidak tepat.

Rasio Follower dan Following

Dalam pemasaran media sosial, sangat disarankan agar Anda mengikuti akun lain yang berbagi minat yang terkait dengan bisnis atau industri Anda. Tetapi perhatikan keseimbangan antara jumlah pengikut yang Anda miliki dengan jumlah orang yang Anda ikuti.

Jika Anda memiliki 88 followers, tetapi Anda following 300 orang, ini akan terlihat menggelikan dan tampak tidak efektif. Jauh dari logika meningkatkan brand awareness jika ini terjadi.

Follower Yang Aktif

Pantau jumlah followers aktif, tandanya adalah mereka yang berinteraksi dengan bisnis Anda. Apakah mereka mengomentari postingan di Facebook atau mengunjungi Facebook Page Anda atau melakukan retweet tweet Anda atau membagi informasi (memviralkan) bisnis Anda.

Pendukung ini secara signifikan lebih penting daripada penggemar yang bahkan mungkin tidak melihat halaman bisnis Anda lebih dari sekali. Terus berinteraksi dengan mereka, dan saksikan persentase Followers aktif meningkat.

Data Analytics

Dan gunakan juga data yang terdapat di dalam analytics. Ini juga merupakan cara mengukur keberhasilan sosial media marketing yang paling gampang.

Didalam analytics anda bisa melihat Acquisition dengan lengkap terutama pada source yang bersumber dari social dan atau referrer.

Indikator keberhasilan media sosial dapat kita lihat secara nyata didalam analytics. Terutama jika anda telah membuat event tracking untuk menentukan nilai konversi. Anda bisa melihat source (sumber) asal konversi tersebut.

Ketika saat ini anda sedang mengukur efektivitas media sosial, anda juga bisa menggunakan beberapa tools yang banyak di pasaran. Contoh nama tools social media measurement adalah Hootsuite, Buffer dan masih ada beberapa yang lain. Silahkan Googling dengan kata kunci “social mention tools” atau “social marketing measurement tools” dan lain sebagainya.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp