Please dial 0813 9891 2341 to start your marketing campaign.
Winner Never Quit and Quitters Never Win

3 Cara Membangun dan Meningkatkan Visibilitas Brand Awareness Perusahaan Atau Produk Secara Digital

Cara Menampilkan Iklan Google di Facebook

Sebelum membahas 3 cara membangun dan meningkatkan visibilitas brand awareness untuk perusahaan atau produk mari kita samakan persepsi terlebih dahulu mengenai pengertian brand. Brand = merk itu bisa berbentuk berbagai macam, misal: logo, nama perusahaan, nama sebuah produk, nama personal, nama firma hukum, icon dan lain sebagainya. Contoh: Microsoft, Google, Android, Facebook merupakan pengejawantahan dari sebuah brand.

Didalam artikel ini terdapat dua kasus yang ingin kita bahas yaitu: “membangun dan meningkatkan”. Kita membangun brand jika brand belum sama sekali mendapatkan pengenalan yang luas di kalangan audience. Lalu beralih ke meningkatkan visibilitas yang bisa berarti memboosting brand jauh lebih luas lagi dari sebelumnya.

Membangun dan Meningkatkan Visibilitas Brand Awareness Perusahaan

 

Keuntungan hasil dari proses ini adalah tentu saja sangat banyak. Diantaranya: nama atau logo perusahaan dan produk akan mendapatkan tempat dikalangan para audience. Semakin banyak orang melihat maka peluang mendapatkan konversi yang banyak akan terbuka juga.

Kita juga membutuhkan “alat ukur” untuk mengukur hasil kinerja pembangunan dan hasil peningkatan brand awareness tersebut. Dan alat yang akan kita pergunakan tentu saja analytics dan social measurement tools yang banyak di pasaran.

POINT PENTINGNYA

  1. Pastikan brand yang ingin dibangun sudah memiliki hak patent
  2. Pastikan tertuju pada audience yang tepat
  3. Anggaran yang dapat di pertanggungjawabkan

Trik dan Strategi Membangun Brand Awareness

“Bagaimana orang mau membeli produk anda jika mereka tidak tahu apa produk anda, siapa anda, kenapa harus membeli produk anda dst…” noted kalimat tersebut sebagai pijakan awal. Lalu temukan kata yang paling tepat untuk merepresentasikan produk anda. Misal:

  1. Apa produk anda
  2. Apa keunggulan produk anda dibanding competitor
  3. Kenapa orang harus membeli produk anda
  4. Apa yang membuat orang harus membeli produk anda saat ini juga
  5. Apa yang membuat orang harus beli dan beli lagi semua produk anda
  6. Apa yang membuat orang harus memviralkan produk anda

Dibutuhkan source yang tidak sedikit agar bisa mendapatkan image yang baik. Inti utamanya adalah tidak hanya harus beda dengan produk lain yang sejenis! tapi juga harus lebih unggul. Dan keunggulan itulah yang harus anda tonjolkan bahwa produk anda jauh lebih hebat dibanding produk lain yang sejenis.

Dibutuhkan konsistensi yang tinggi dalam membangun brand awareness ini. Menjaga kualitas secara konsisten, memanjai konsumen secara reguler, menjamin mutu dan lain sebagainya harus menjadi handbook pada setiap orang yang terlibat didalamnya.

Trik dan Strategi Cara Meningkatkan Visibilitas Brand Awareness Secara Efektif

Caranya sangat simple! yaitu menempatkan seluruh properti yang anda miliki didalam media yang paling sering didatangi orang yang menjadi target pemasaran anda.

Visibilitas adalah impression, semakin tinggi nilai impression maka semakin tinggi pula tingkat visibilitas.

Baca Juga: Apa itu Digital Marketing

Bermula dari impression yang kemudian di konversi menjadi kunjungan lalu di konversi lagi menjadi buyer.

Beberapa pilihan media untuk meningkatkan visibilitas brand anda:

Display Campaign Google Ads

Memasang iklan di Google lalu memilih Display Ads merupakan sebuah hal yang umum di lakukan para marketer di Indonesia dalam rangka meningkatkan jumlah visibilitas.

Display Campaign Google Ads

 

Tetapi tidak semua penayangan bisa mencapai target audience yang sesuai. Oleh karena itu kita harus mampu mendetermasi lokasi penayangan yang sesuai dengan audience.

Social Media Ads

Konsepnya sama seperti Display Ads dari Google yaitu menampilkan brand di sejumlah situs-situs terkemuka yang memiliki rating dan jumlah traffic yang tinggi.

 

Sekali lagi di perlukan research yang matang untuk menentukan audience yang paling tepat. Dibutuhkan kejelian yang tinggi agar kinerja pemasangan iklan bisa sampai ke target audience.

Facebook dan Instagram tergolong dua platform media sosial yang paling banyak dikunjungi pengunjung dari Indonesia. Mencanangkan untuk memasang iklan di kedua platform media sosial tersebut merupakan langkah yang juga tepat.

Program Periklanan Lainnya

Untuk meningkatkan visibiltas perusahaan atau produk pada audience yang tepat secara digital, Anda juga bisa memasang iklan pada situs-situs dengan rating yang tinggi. Detik.com, Kompas.com atau situs media lainnya adalah pilihan yang juga ada manfaatnya.

Ads Smart

 

Dalam hal ini tentu saja tidak terfokus pada situs media online saja. Sebab masih banyak lagi situs-situs blog yang bisa anda jadikan sebagai media untuk menaikan jumlah visibilitas perusahaan.

Bekerjasama dengan para Youtuber dan penggiat di sejumlah medsos atau para public figure dengan meminta endorse darinya termasuk juga strategi yang patut untuk di tempuh.

Mengukur

Kemudian yang harus di jalankan berikutnya adalah dengan mengukur hasil dari kinerja meningkatkan visibilitas brand perusahaan.

 

Cara Melihat Indikator dan Mengukur Keberhasilan Sosial Media Marketing

Alat ukur yang paling mudah untuk di gunakan adalah pencatat data analytics. Dalam hal ini Google analytics untuk melihat secara general seberapa banyak impression, jumlah kunjungan, jumlah referral dan lain sebagainya.

Dari gambar diatas dapat kita lihat sejumlah data hasil kinerja. Dari data tersebut dapat kita simpulkan jika proses membangun dan meningkatkan jumlah visibilitas perusahaan berjalan sebagaimana mestinya.

Tinggal kita lakukan komparasi dengan data konversi yang ada. Mana yang menghasilkan nilai baik dan mana yang harus di perbaiki, di tingkatkan atau mana yang harus di modifikasi dapat kita lakukan setelah melakukan analisa.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp